Dampak Buruk Kelebihan Mengonsumsi Air Mineral

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral agar cairan tubuh terjaga dalam kadar yang cukup. Yang mesti diingat, jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan konsumsi air mineral agar terhindar dari pelbagai masalah kesehatan.

Mungkin kita sering mendengar seruan untuk mengonsumsi air putih 8 sampai 10 gelas setiap hari. Hal ini dilakukan agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Tapi rasanya belum pernah ada seruan yang meminta kita untuk membatasi jumlah takaran air yang dikonsumsi. Padahal, mengonsumsi air mineral secara berlebihan juga berdampak pada masalah kesehatan tubuh kita. Berikut penjelasannya:

Apa yang akan terjadi jika tubuh kelebihan berbagai mineral? Besi Konsumsi lebih dari 25 mg per hari bisa menyebabkan sembelit, sakit kepala, letih, kekurangan zinc dan tembaga, kerusakan pankreas, hati, dan otot jantung, mual, risiko infeski meningkat, berat badan melorot, dan menyebabkan keracunan fatal pada anak-anak. Fosfor Konsumsi 3.000 miligram atau lebih perhari akan membuat tubuh tidak optimal menyerap kalsium. Yodium Konsumsi lebih dari 2mg yodium perhari bisa merusak fungsi kelenjar tiroid, membuat kulit kering, rambut kering, berat badan naik, muntah, muncul ruam di kulit, mulut sakit, sakit kepala, susah bernapas, menstruasi berlebihan, sembelit atau diare, kelenjar saliva bengkak, dan mulut terasa tidak enak. Kalsium Dosis lebih dari 2.000 mg perhari bisa menimbulkan batu pada salurah kemih, sembelit, nyeri perut, masalah mental, gangguan penyerapan zinc, zat besi dan magnesium, merusak fungsi ginjal, letih, dan tumpukan kalsium di dalam jaringan tubuh. Magnesium Asupan 350mg per hari atau lebih akan membahayakan kesehatan, bahkan bisa fatal. Potasium Overdosis jarang terjadi. Namun, jika kondisi ginjal sudah tidak bagus, bisa saja terjadi kelebihan potasium, yang menyebabkan otot lemah, kesemutan di kaki dan tangan. Sodium Konsumsi lebih dari 2.300 mg perhari bisa berakibat kram otot, mata berkunang-kunang, merasa sangat haus, kembung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, gangguan elektrolit tubuh yang bisa menyebabkan gangguan persarafan. Zinc Asupan zinc lebih dari 75mg perhari dapat melemahkan fungsi kekebalan tubuh, mual, muntah, kadar kolesterol naik-turun, anemia, nyeri perut, perdarahan perut, respon imun terganggu, kelahiran prematur, bahkan bayi meninggal saat lahir.

1. Hiponatremia

Mengonsumsi terlalu banyak air mineral bisa mengakibatkan kondisi yang disebut dengan ‘hiponatremia’. Ini merupakan kondisi di mana kadar natrium dalam darah turun secara drastis. Jika hal ini terjadi, fungsi tubuh menjadi terganggu dan tidak berfungsi secara optimal.

2. Warna urin berubah

Perubahan warna urin bukan hanya menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan. Namun ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa tubuh Anda menyimpan cairan yang berlebih.

Kelebihan mengonsumsi air mineral menyebabkan warna urin menjadi jernih. Sebaliknya, urin yang sehat harus berwarna sedikit kekuningan.

3. Mual dan muntah

Kelebihan mengonsumsi air atau overhidrasi memiliki tanda-tanda yang sebenarnya tidak berbeda dengan dehidrasi. Ketika Anda banyak minum air, ginjal Anda tidak dapat menahannya dengan jumlah yang berlebih.

Akibatnya, air mulai mengumpul di seluruh bagian tubuh Anda. Hal Ini selanjutnya dapat menyebabkan infeksi perut, termasuk mual dan juga muntah.

4. Sakit kepala

Terlalu banyak mengonsumsi air mineral juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sebab, minum terlalu banyak air membuat beberapa organ tubuh membengkak. Pembengkakan di area kepala membuat saraf di otak tertekan yang mengakibatkan rasa sakit kepala

5. Pembengkakan di bagian tubuh

Gejala lain yang mesti Anda waspadai dari kelebihan mengonsumsi air mineral adalah risiko terjadinya pembengkakan di sekitar wajah dan bagian tubuh Anda. Dengan terlalu banyak mengonsumsi air mineral, tubuh Anda rentan kembung dan mengalami kegemukan.

6. Kram otot

Semakin tinggi jumlah air yang dikonsumsi ternyata juga dapat menurunkan kandungan elektrolit dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti kram otot yang dapat mengganggu gerakan motorik Anda. Sumber : https://www.medcom.id/rona/kesehatan/GbmLQZ1N-dampak-buruk-kelebihan-mengonsumsi-air-mineral

Butuh bantuan?