Apa Itu Air Tanah?

Definisi air tanah adalah bagian air yang berada pada lapisan di bawah permukaan tanah. Kedalaman air tanah tidak sama di semua tempat. Itu tergantung dari tebal tipisnya lapisan permukaan di atasnya dan kedudukan lapisan air tanah.Di ketahui air tanah berasal dari air hujan, laut atau magma. Air tanah yang berasal dari air hujan (air meteorit) disebut air vados atau air tua. Air ini mengandung senyawa air berat (H3) atau tritium. Tritium adalah suatu unsur yang terbentuk pada atmosfer dan terdapat di dalam tanah karena turun bersama-sama dengan air hujan. Air tanah yang berasal dari laut kemungkinan air berasa asin atau payau. Sementara Air tanah yang berasal dari magma disebut air juvenil. Air juvenil belum mengalami siklus hidrologi. Air Juvenil merupakan air baru yang
ditambahkan pada zone kejenuhan dari kulit bumi yang dalam. Air yang berasal dari magma tersebut belum tentu berbentuk air, tetapi dapat berbentuk hidrogen (H) dan oksigen (O2).
Berikut Jenis-jenis air tanah:

  1. Air Tanah Freatik
    Air Tanah Freatik adalah air tanah dangkal, contohnya air sumur yang terletak di antara air permukaan dan lapisan kedap air (impermeable).
  2. Air Tanah Dalam (Artesis)
    Artesis adalah air tanah dalam, terletak di antara lapisan akuifer dengan lapisan batuan kedap air (akuifer terkekang).
  1. Air Tanah meteorit (Vados)
    Meteorit (Vados) merupakan air tanah yang berasal dari proses presipitasi (hujan) dari awan yang mengalami kondensasi bercampur debu meteorit.
  2. Air Tanah Baru (Juvenil)
    Air tanah baru yang merupakan air tanah yang terbentuk dari dalam bumi karena intrusi magma. air tanah juvenil ditemukan dalam bentuk air panas (geyser).
  3. Air Fosil (Konat)
    Air Fosil (Konat) adalah air tanah yang terjebak pada pori-pori batuan pada saat batuan tersebut terbentuk. Air tanah dapat berasal dari air tawar atau air laut dan bermineral tinggi.
    Koran Digital Jakarta Raya

www.korandigitaljakartaraya.com

Butuh bantuan?